Kenapa harga linen sangat mahal?

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Linen adalah kain yang terbuat dari serat natural dari tumbuhan bernama flax. Bukan rami ya? Serat dari rami melahirkan jenis kain yang lain, meski karakter keduanya mirip.

Dalam prosesnya, serat dari tanaman flax membutuhkan proses yang panjang untuk bisa diubah menjadi lembaran kain linen. Proses inilah yang menjadi salah satu hal yang membuatnya sedikit mahal dari jenis kain berbahan serat lainnya.
 
Tetapi jangan salah, proses panjang itu masih worth the effort karena menghasilkan jenis kain yang mempunyai banyak keunggulan. Diantaranya:
  1. Natural insulator. Serat kain ini memiliki kemampuan alami untuk tetap dingin di musim panas, dan menjaga panas tubuh pada saat musim dingin.
  2. Antibacterial. Ingat kan kalau kain katun kelamaan di keranjang cucian kotor, biasanya muncul bintik-bintik jamur berwarna hitam. Nah, kalau linen ini lebih tahan terhadap serangan jamur dan bakteri semacam itu.
  3. Luxurious look. Yup, benar. Linen memiliki pesona khusus yang membuat pemakainya terlihat stand out dalam keramaian. Apalagi jenis kain linen yang ditenun secara handmade, tentunya lebih unik dan lebih cantik.
    Berbeda dengan katun atau jenis kain lainnya, linen memiliki karakter yang mudah berkerut (wrikle) namun tetap ‘jatuh’/cair. Pewarnaan linen juga lebih sulit daripada pewarnaan pada katun, tetapi sekali dyed in color, warna linen akan lebih menonjol daripada katun.
  4. Strenght and longetivity. Selain itu, serat tumbuhan flax adalah salah satu serat natural terkuat di dunia. Itulah kenapa kain ini dulu dipakai sebagai pembungkus mumi.

Dalam industri upholstery, penggunaan kain linen akan memberikan nilai jual yang lebih. Coba deh tanya sofa yang terbuat dari kain linen, pasti harganya lebih mahal. Hehe…

Dalam industri pakaian, linen juga menjadi favorit karena motifnya yang everlasting dan kualitas kain yang memang tahan lama.

Handmade by Miko juga memakai kain linen. Kain yang saya gunakan biasanya kain linen impor yang motifnya lebih banyak dan bagus. Kain linen lokal umumnya lebih tipis karena lebih diperuntukkan untuk pakaian.

In the end, jangan ragu untuk beli barang dari bahan linen ya? InsyaAllah lebih bagus dan awet.

Salam,
Miko.

Advertisements

Silahkan sampaikan komentar sobat...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s