Ngopi Ala Barista (Resensi Buku)

Judul Buku : Ngopi Ala Barista
Penulis : Doddy Samsura
Penerbit : Penebar Plus+
Tebal buku : 156 hal
Harga : Rp. 59.000,-

Satu buku mengenai penyajian kopi yang terbilang komprehensif dan lengkap. Kelak menjadi salah satu penanda masa perkembangan geliat kopi di Indonesia.
(Dian – Owner Philocoffee Project)

Buku ini akan menjadi panduan para barista di Indonesia. Belum pernah ada buku di Indonesia yang sedetail ini dalam membahas kopi. Foto-fotonya akan memudahkan para barista atau calon barista untuk memahami tenatng kopi.”
(Ronald Prasanto – Barista, Molecular Gastronomy Coffee, dan Latte Art Artist)

Well..well..well… Mungkin ini adalah literatur tentang kopi yang pertama dan terbaik menurut saya. Bagi penggemar kopi seperti saya, bisa dibilang ini adalah buku yang wajib dikoleksi. 🙂

Tidak tebal, hanya sekitar 156 halaman dan dicetak dengan jenis kertas art paper. Seperti majalah, iya, dan membacanya pun sangat santai dan tidak butuh waktu lama.

Seperti halnya buku debut lainnya, pendekatan Datuk Soddy Samsura dalam menulis sangatlah gamblang dan sederhana. Mungkin, menurut saya, karena memang disegmentasikan untuk kaum awam yang ingin tahu seluk beluk kopi dengan lebih mendalam. Tetapi jangan salah, bukan berarti isinya ilmu kacangan yang tidak berbobot. Paduan deskripsi singkat dan ilustrasi yang ciamik, membuat buku ini seperti kitab wajib bagi pecinta kopi.

*Psstt… di dunia black devil ini memang tidak sesederhana seperti yang orang bayangkan. Tapi rasanya tidak perlu juga dibuat rumit, iya tho…? Hehe…

Membahas sejarah kopi atau manfaat/khasiatnya barangkali sudah jadi bahasan generik, info tersebut dapat kita jumpai dimana-mana. Namun bahasan tentang jenis-jenis minuman espresso based, sampai kepada detail ukuran dan takarannya, hmm… ini nih ilmu baru. Tidak hanya itu, disini sobat bisa lanjut membaca beragam metode penyeduhan dengan berbagai alat yang bisa dibilang “WOW”. Dari yang sederhana sampai yang paling mutakhir. Mungkin sobat akan berkata dalam hati, “kok ada ya alat kayak gitu?”, atau ketika sobat membaca sebuah proses menyeduh kopi yang sampai memakan waktu hingga 15 jam, sobat kemudian akan berkata lagi, “Sampe segitunya ya…?”

Hahaha… yang kita bicarakan ini memang bukan kopi sobek dari warung mpok sebelah. Ini kopi ala barista, ini kopinya para artisan!

Sebagai penutup, ehm, kalo sobat memang sudah akrab di dunia si hitam ini, sudah sering berkunjung ke blog kopi lokal maupun internasional, mungkin sobat tidak akan menemukan hal baru disini. Tapi saya sih percaya ini hanya start up, pasti akan ada edisi advance-nya. Ya kan… ya kan… ya kan???
Nah, saya juga sangat menunggu hal itu.

And last one, semoga buku ini bisa ikut menjadi pendorong iklim perkopian dalam negeri, bukan menciptakan euforia yang hype gimana gitu, tapi bisa membuat orang tertarik minum leveled up kopi, lebih menghargai kopi dengan memberi kontribusi yang setimpal. Karena ya… biar bagaimanapun, penikmat kopi memegang peran penting dalam value chain industri ini. Dan… sebelum makin ngglambyar, tidak lupa saya mau bilang… BRAVO KOPI INDONESIA!

Rating saya:
3stars

Advertisements

3 thoughts on “Ngopi Ala Barista (Resensi Buku)

Silahkan sampaikan komentar sobat...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s